Cara Pembuatan Menu Minuman Ronde

Untuk pembuatan menu minum khas Indonesia ini sangatlah sederhana dan merupakan minuman yang sangat cocok dengan lidah kita yang merupakan bagian dari masyarakat indonesia. adapun sebelum saya menjelaskan cara pembuatannya terlebih dahulu kita mengetahui bahan apa yang perlu di sediakan dalam pembuatan resep ini.

Adapun bahan-bahan yang perlu kita sediakan antara lain sebagai berikut


Bahan isi


No
Bahan
Ukuran
Jenis ukuran
1
Tepung ketan
2
gelas
2
Air larut kapur sirih
1
Sendok teh
3
garam
secukupnya
secukupnya
4
kacang
secukupnya
secukupnya
5
air
secukupnya
secukupnya

Untuk pembuatan isi bahan adalah sebagai berikut

Campur semua adonan kecuali kacang, baik itu tepung ketan, air kapur sirih, garam, siram dengan menggunakan air hangat secukupnya, lalu aduk adonan samapai matang atau rata seperti berbentuk adonan. kemudian bagai adonan tersebut menjadi tiga adonan bagian jika anda ingin adonan tersebut menjadi tiga warna berbeda, hal ini dilakukan menurut selera anda.

Ambil sejumput adonan, buatlah berbentuk bola sebesar bola kelereng isi dengan menggunakan kacang, untuk kacang sendiri juga tergantung selera anda, jika anda lebih suka di tumbuk anda dapat melakukan dengan menumbuk kacang terlebih dahulu. jika anda ingin mengisi secara utuh anda juga dapat melakukannya secara mudah.

Setelah semua adonan menjadi berbentuk bola-bola kelereng, adonan tersebut anda masukkan kedalam air yang sudah mendidih atau direbus, jika adonan sudah mengapung, anda angakat dan tiriskan.  


Bahan kuah


No
Bahan
Ukuran
Jenis ukuran
1
Gula pasir
3
Ons
2
Jahe
1
Ons
3
Daun pandan
2
Lembar
4
Air
secukupnya
secukupnya


Untuk pembuatan kuah ronde adalah sebagai berikut

rebus semua bahan menjadi satu hingga kuah mendidih dengan sekali kali di aduk hingga kuah tersebut mengeluarkan aroma yang sempurna, setelah selesai anda angkat kuah tersebut dan anda saring ketempat yang lain. Dan setelah itu masak lagi dengan menggunakan api yang sangat kecil.

Masukkan bulatan adonan ronde ketan tersebut yang sudah anda tiriskan kedalam gelas atau mangkuk sesuai yang anda inginkan dengan anda siram kuah yang sudah anda saring. hidangkanlah ronde tersebut selagi hangat.




Related Posts:

0 Response to "Cara Pembuatan Menu Minuman Ronde"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.