Minuman Bandrek



Sebelum kita melakukan pembuatan minuman bandrek, alangkah baiknya kita mengetahui asal usul minuman ini. Bandrek sendiri merupakan minuman yang telah di perkenalkan oleh orang sunda, dan saat ini, minuman tersebut  sudah di produksi secara instan agar dapat di nikmati oleh berbagai kalangan. Akan tetapi disini saya akan menjelaskan  bagaimana cara pembuatan minuman bandrek sendiri secara tradisional. Hal ini agar pecinta minuman dapat mengenal dan melestarikan budaya bangsa serta untuk generasi muda yang akan datang.

Adapun cara pembuatan minuman hangat ini, terutama yang sangat cocok dengan cuaca dingin atau disaat malam hari sebagai penghangat tubuh.

Bahan :
No
Bahan
Ukuran
Jenis ukuran
1
Jahe
2
Ons
2
Gula aren
3
Ons
3
Lada halus (merica halus)
1
Sendok teh
4
Serai
2
Buah
5
Kelapa muda
1
buah
6
Air
10
Gelas
 
Cara pembuatan :

Pertama-tama kupas jahe dan setelah terkupas semua, memarkan (tumbuk) jahe tersebut sisihkan, selain itu untuk serai anda juga perlu untuk dimemarkan. Dan langkah selanjutnya ambil kelapa mudah dan serut dagingnya mengunakan sendok.

Setelah menyelesaikan bahan-bahan diatas, semua bahan direbus dengan  menggunakan air hingga kira-kira mencapai 10 gelas. Tunggu dan biarkan air tersebut mendidih hingga mengeluarkan aroma, terkecuali untuk kelapa muda jangan ikut direbus.

Jika rebusan matang,  angkat dan saring ke tempat wadah yang lain, setelah itu hangatkan kembali dengan menggunakan api kecil.

Tuangkan jika ingin di sajikan kedalam gelas, bubuhi serutan kelapa muda dan anda sudah siap untuk menyajikan. Jika menyukai manis, lakukan dengan menambahkan gula kedalam gelas yang sudah terisikan bandrek.

Related Posts:

0 Response to "Minuman Bandrek"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.